Bagaimana Cara Membicarakan Politik di Media Sosial dengan Baik dan Benar

Jawaban singkat dari pertanyaan ini adalah: Jangan! Sesimpel itu.

Menghindari pembahasan tentang politik di media sosial adalah cara terbaik untuk bisa hidup lebih tenang dan, semoga saja, bahagia. Tapi di era ketika semua orang terikat dengan media sosial seperti sekarang, mewujudkan mimpi tersebut jelas sangat susah.

Semua semakin diperparah dengan fakta bahwa terkadang emosi kita tidak dapat dibendung untuk segera mengetik isi hati (ya, isi hati, bukan otak) dan menjadi pahlawan internet bersenjatakan tombol-tombol QWERTY, seperti yang tengah saya lakukan dengan tulisan ini. Saat hal tersebut terjadi dan membicarakan tentang politik di media sosial adalah satu-satunya jalan untuk menghilangkan rasa sakaumu, setidaknya coba ikuti panduan diskusi yang telah saya susun di bawah ini. Mungkin saja mereka dapat membantu.

Pertama, jangan

Ya, saya mengulangi kata-kata pertama saya. Mengingat tulisan ini berbentuk daftar, besar kemungkinan banyak pembaca tidak membaca paragraf pembuka sama sekali. Jika kamu termasuk orang-orang tersebut, ingatlah, sebelum mulai diskusi politik tinjau dulu apa manfaat dan mudaratnya? Apakah kamu akan jadi lebih bahagia setelah menyampaikannya di internet? Apakah komentarmu bisa membawa perubahan positif?

Jika jawabannya tidak, stop niatan kamu dan berhenti membicarakan politik di media sosial. Jika kamu tidak minat berbicara politik namun ingin membicarakan isu lain seperti sosial atau agama, silakan saja. Tapi zaman sekarang semua hal tersebut ujung-ujungnya akan berakhir ke diskusi politik juga sepertinya. Jadi hati-hatilah.

Jadilah manusia objektif

Menulis topik berat dengan emosi adalah hal berbahaya. Saran saya, cobalah menjadi seobjektif mungkin. Jangan menilai sesuatu dengan basis atau sumber terbatas dan sepihak. Lakukan riset, pikirkan dampaknya, sampaikan dengan elegan, baru tekan tombol untuk mengepos ego pesan tersebut.

Tunjukkan cinta, bukan kebencian

Saya tidak masalah dengan orang yang hobi membicarakan politik di internet, asalkan ia fokus ke hal positif. Sayangnya sekarang ini membicarakan politik hampir pasti adalah tentang membicarakan hal negatif.

Jika kamu ingin membahas politik, saran saya fokuslah ke cinta, bukan kebencian. Jika kamu suka kepada satu sosok, teruslah bicara soal kelebihan dia dan mengapa kamu menggemarinya, bukannya malah fokus ke membicarakan hal negatif, atau parahnya lagi kalau sampai menyebar fitnah, soal sosok yang menjadi oposisinya.

Make love, not war.

Jangan menyerang orang lain

Kita semua sama-sama orang Indonesia yang ingin hal terbaik bagi Indonesia. Namun keberagaman Indonesia jelas membuat ratusan juta orang di negara ini memiliki latar belakang dan pola pikir yang berbeda satu dengan lainnya. Oleh karena itu, jangan pernah membawa debat politik yang kamu lakukan ke tahap personal.

Kalau kamu tidak setuju dengan seseorang, hargai pendapatnya. Kalau kamu tetap ingin membalas dengan pendapatmu, jangan pernah membuatnya personal jing (maaf). Tetap jaga dalam topik terbatas, dan tidak perlu memanggil orang lain dengan sebutan menyinggung yang bisa saja berakhir ke rusaknya persahabatan.

Selalu ingat Bhinneka Tunggal Ika.

Terakhir, jangan

Saran terakhir saya, coba pikirkan kembali lah apa penting kamu membahas politik di arena silaturahmi seperti media sosial itu hal yang pantas. Kalau kamu bisa menahannya, tahanlah. Kalau tidak bisa, coba istirahat dari media sosial dulu dan jalani interaksi langsung dengan orang sekitar. Mungkin saja hal itu bisa mengubah sudut pandangmu tentang banyak hal, atau setidaknya jadi bisa belajar untuk lebih menghargai orang lain.